SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI DESA PANGKUR GEMI SETITI ANGATI - ATI, MUNDI SESANGGEMAN ADI LUHUNG, MRIH RAHAYUNING BEBRAYAN AGUNG

Artikel

Karnaval Budaya Meriahkan HUT RI Ke-78 Dusun Serenan Desa Pangkur

26 Agustus 2023 13:05:53  Administrator  214 Kali Dibaca  Berita Desa

Karnaval Budaya Meriahkan HUT RI ke-78 di Dusun Serenan Pangkur

Pangkur.desa.id - Pada peringatan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) ke-78, Dusun Serenan, Desa Pangkur, Kecamatan Pangkur, Kabupaten Ngawi, mengadakan karnaval budaya yang meriah dan menyenangkan. Acara ini diikuti oleh berbagai elemen masyarakat, mulai dari anak-anak, remaja, hingga orang dewasa.

Karnaval budaya ini dimulai dengan peserta yang mengenakan berbagai kostum tradisional dusun Serenan. Mereka membawa berbagai atribut budaya seperti tari, musik tradisional, dan senjata tradisional. Peserta karnaval mulai berarak dari Sendang Suko, mengikuti rute yang telah ditentukan. Mereka menampilkan berbagai atraksi budaya dan tradisi yang dimiliki oleh dusun Serenan. Ada peserta yang menampilkan tarian tradisional dan modern. Ada juga peserta yang membawakan seni musik tradisional, seperti gamelan atau angklung.

Selain itu, dalam karnaval ini juga terdapat peserta yang mengenakan pakaian adat dari etnis yang berbeda-beda di dusun Serenan. Mereka memperlihatkan keberagaman budaya yang ada di dusun tersebut dan semangat kebersamaan antar etnis.

Tidak hanya peserta karnaval yang menarik perhatian, tapi juga penonton yang memadati sepanjang rute karnaval. Mereka antusias untuk menyaksikan keindahan budaya dusun Serenan dan mendukung partisipasi masyarakat dalam menjaga warisan budaya mereka.

Setelah melewati rute yang panjang, karnaval budaya dusun Serenan akhirnya berakhir di sendang Suko. Di sana, ada panggung yang telah disiapkan untuk nanti malam, akan ada hiburan pementasan seni budaya lokal dan modern.

Saat di temui Tim, pangkur.desa.id, Kepala Desa Pangkur, Suhardi, yang sekaligus membuka acara karnaval budaya, mengatakan bahwa acara ini merupakan salah satu upaya untuk melestarikan dan mempromosikan budaya dusun Serenan. Ia berharap, karnaval budaya ini dapat menjadi sarana untuk meningkatkan rasa cinta dan kebanggaan masyarakat terhadap budayanya.

"Karnaval budaya ini merupakan ajang untuk menunjukkan kekayaan budaya dusun Serenan kepada masyarakat luas. Semoga acara ini dapat meningkatkan rasa cinta dan kebanggaan masyarakat terhadap budayanya," ujar Suhardi, Sabtu ( 26/8) pagi.

Sementara itu, Erni, salah satu warga dusun Serenan, mengatakan bahwa ia sangat senang dengan adanya karnaval budaya ini. Menurutnya, acara ini merupakan kesempatan yang baik untuk mengenal lebih dekat budaya dusun Serenan.

"Saya sangat senang dengan adanya karnaval budaya ini. Acara ini sangat meriah dan menyenangkan. Saya bisa belajar banyak tentang budaya dusun Serenan," ujar Erni.

Erni juga berharap, karnaval budaya ini dapat diadakan secara rutin setiap tahun. Dengan begitu, masyarakat dapat lebih mengenal dan melestarikan budaya dusun Serenan.

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image  
 

 Peta Lokasi Kantor


Kantor Desa
Alamat : RT 001. RW 001 DUSUN PANGKUR, DESA PANGKUR, KECAMATAN PANGKUR, KABUPATEN NGAWI
Desa : Pangkur
Kecamatan : Pangkur
Kabupaten : Ngawi
Kodepos : 63282
Telepon :
Email : desapangkur@gmail.com

 Aparatur Desa

Back Next